Kasus Ledakan Tabung Gas LPG

       Baru-baru ini kita banyak lihat kasus ledakan tabung gas LPG, hal ini mengundang keprihatinan kita semua atas terjadinya bencana tersebut. Pihak pertamina yang sering tersalahkan dengan adanya kasus ledakan gas ini, padahal ledakan tidak hanya dari kesalahan peralatan tabung gas, tetapi juga bisa karena manusia itu sendiri. Sudah puluhan orang menjadi korban ledakan gas lpg beberapa bulan terakhir ini. Ketakutan masyarakat dalam menggunakan gas elpiji sekarang semakin kuat, karena sampai sekarang belum ada upaya dari pemerintah untuk mengatasi masalah ini, seakan-akan semua pihak lepas tangan, tidak mau disalahkan. Selang dan regulator diduga penyebab utama dari ledakan gas tersebut. Semoga yang menjadi korban diberikan ketabahan dan pertolongan. Dari banyaknya kasus ini kita sebaiknya memang lebih berhati-hati dalam menggunakan tabung gas LPG. Permasalahan umum yang terjadinya ledakan yaitu 
1. Dari rubber seal (karet seal) yang kurang baik, kondisinya rusak. Sebaiknya diganti sealnya apabila   
    dipakai  ada  kebocoran.
2. Selain masalah dari seal juga dari regulator sendiri, ada baiknya memakai regulator dengan kualitas bagus.
3. Selang juga berpengaruh terhadap kebocoran, faktor usia bisa mempengaruhi kualitas selang sehingga  
    menjadikan selang melar, lembek, sobek dan rusak.
4. Tabung gas LPG yang palsu, kualitas jelek.
5. Human error (kesalahan manusia)

    Kesalahan yang terjadi pada masalah pertama dan kedua dapat diminimalkan dengan alat pengaman tabung gas LPG, dengan memakai alat ini rubber seal dapat kencang dan rapet sehingga tidak mudah bocor begitu juga dengan regulator jika dipasang alat pengaman gas LPG akan lebih kencang jika dipakai.

    Memang sering terjadinya kasus ledakan ini, menjadikan kita was-was jika memakai gas elpiji, tetapi kita jangan menjadi takut jika memakai gas elpiji, karena dari biaya yang kita keluarkan jauh lebih hemat dan  sedikit jika memakai tabung 3kg daripada kita memakai minyak tanah. Asalkan kita mau untuk merawat, dan berhati-hati saya rasa tidak ada masalah. Dan bagi penjual alat pengaman tabung gas elpiji, Khususnya Agen dan Pengecer sudah banyak juga yang meraup untung jutaan bahkan hingga puluhan juta dari menjual produk saya, dan kesempatan ini masih sangat terbuka lebar bagi anda yang ingin ikut memasarkan alat pengaman tabung gas LPG kami.

   Tabung yang palsu tidak dari pemerintah biasanya kualitasnya jelek, karena yang memproduksi jelas ingin mendapatkan keuntungan yang banyak dengan kualitas yang buruk. Tabung gas ini biasanya mudah bocor, sebaiknya segera diganti jika menemukan tabung gas seperti ini.

  Kesalahan manusia yang menyebabkan ledakan gas lpg biasanya yaitu pada saat mematikan gas lpg kurang sempurna. Knop kompor gas sudah diputar atau dimatikan tetapi belum sampai mati gasnya (gasnya masih keluar), jadi pemakai mengira gasnya sudah mati padahal gas tersebut masih keluar. Ini salah satu penyebab yang disebabkan manusia itu sendiri.

SELAMAT BERGABUNG